icon-account icon-glass
All orders over IDR 250K are qualified for free shipping within Indonesia. free ongkir se-Indonesia dengan minimum order 250K

Cara Memilih Size dan Tipe Belt yang Tepat

Posted by Urban State Indonesia on

Cara Memilih Size dan Tipe Belt yang Tepat


Kunci dari outfit yang menarik adalah aksesoris, dan hampir semua pakaian dapat dipadukan dengan ikat pinggang atau belt untuk melengkapi sebuah penampilan. Ikat pinggang bisa sederhana dan klasik, berani dan funky, bergaya formal atau kasual. Salah satu kunci agar ikat pinggang terlihat keren dan pantas adalah dengan cara memilih ukuran yang tepat, tidak terlalu panjang maupun terlalu pendek.

Sebelum membeli ikat pinggang kita sendiri harus tahu ukuran mana yang cocok untuk digunakan, terutama ketika membeli ikat pinggang secara online  dimana tidak bisa dicoba secara langsung. Hal ini membuat kebanyakan orang bingung belt ukuran berapa yang harus di beli. Namun, jika kamu tahu beberapa aturan sederhana, memilih ukuran sabuk yang tepat adalah hal yang mudah dan praktis sehingga kamu tidak perlu ragu untuk membeli ikat pinggang secara online. Dengan ukuran ikat pinggang yang tepat, tentu saja membuat kamu puas dengan pembelian kamu dan percaya diri dalam mengenakannya.

Beberapa orang sering melakukan kesalahan dalam memilih ukuran ikat pinggang dengan membelinya berdasarkan ukuran pinggang celana mereka. Ingat, ukuran ikat pinggang berbeda dengan ukuran pinggang celana kamu. Tenang saja tidak perlu bingung, berikut beberapa tips untuk menentukan ikat pinggang yang tepat untuk kamu. 


Pahami Bagaimana Sistem Ukuran Sabuk

Sebelum kamu memilih ukuran sabuk yang tepat, kamu harus tau dan paham arti dari label ukuran pada ikat pinggang. Biasanya ikat pinggang di ukur dari ujung gesper ke lubang tengah. Biasanya panjang ikat pinggang di cap di bagian belakang sabuk, sehingga kamu jika kamu melihat tulisan 32, 34, 36 (US System) atau 100, 105, 110 (Umum di Indonesia), angka-angka itu merupakan ukuran belt tersebut. Terkadang memang membingungkan jika kita melihat size secara inci yang tidak umum digunakan di Indonesia, namun kamu bisa mengeceknya di tabel dibawah ini untuk mengetahui ukuran tersebut dalam centimeter.

Belt Size Conversion


Ukur Ikat Pinggang Yang sudah Dipakai

Jika kamu sudah memiliki Ikat pinggang yang pas dan nyaman, kamu bisa lihat ukurannya untuk mengetahui size yang tepat untuk kamu. Namun jika kamu tidak yakin dengan ukuranya, kamu bisa mengukur panjang ikat pinggang yang kamu gunakan dengan letakan ikat pinggang diatas permukaan yang bersih dan rata, ambil pita/meteran pengukur dilubang yang kamu gunakan dan ukur ke ujung ikat pinggang.

Mengukur Belt

Sesuaikan dengan Ukuran Celana atau Lingkar Badan Kamu

Satu cara bagi pria untuk menentukan ukuran ikat pinggang mana yang harus di pilih dengan cara melihat ukuran celana yang di gunakan, misalkan kamu menggunakan ukuran celana 34 maka ikat pinggang yang kamu beli adalah ukuran 36 inch atau 110 cm. Ikat pinggang yang pas sebaiknya diukur sedikit lebih besar dari ukuran pinggang agar nyaman digunakan.

Selain ukuran celana, kamu juga bisa mengukur lingkar pinggang kamu dengan pita/tali meteran. Namun pastikan dahulu dalam penggunaan celana, nantinya kamu akan menggunakan celana di bagian pinggang, perut atau panggul dan kemudian ukuran lingkarnya. Pastikan jangan mengunakan ukuran lingkar pinggang disaat kamu menggunakan celana di bagian perut ya guys.

Berikut tabel umum untuk ukuran size celana dan belt yang sebaiknya kamu gunakan:

Pants Size Chart 

Memilih Model dan Bahan Ikat Pinggang  

Jika kamu sudah menerapkan beberapa tips di atas, tiba saatnya untuk memilih ikat pinggang idaman kamu. Ikat pinggang sendiri memiliki beberapa style yang tentu saja bisa dicocokan dengan kebutuhan dan gaya kamu.

Dari sisi bahan, untuk formal dan work belt sebaiknya kamu memilih ikat pinggang dengan bahan kulit asli. Bahan kulit asli yang kamu pilih juga sebaiknya lapisan atas kulit (top grain leather) atau bahkan full grain leather. Hindari penggunaan kulit olahan seperti (genuine leather atau suede) yang akan menimbulkan kesan kurang formal dan kurang elegan. Untuk kamu yang ingin lebih tahu mengenai perbedaan jenis kulit dapat lihat ke link ini.

Top grain leather atau full grain leather akan semakin nyaman digunakan seiring berjalannya waktu. Bahannya akan semakin lemas dan warnya semakin bagus. Jangan khawatir karena top grain leather mudah dirawat dan jika kehilangan kilaunya, tinggal dipoles kembali dan lansung terlihat seperti baru kembali. Jika terkena airpun tinggal dilap kering dan tidak ada masalah yang muncul. Namun kelemahan dari ikat pinggang kulit asli yaitu variasi warnanya terbatas. Umumnya paling sering dijumpai hanya berwarna coklat dan hitam. Tapi untuk kerja dan acara formal tentu saja kita hanya butuh warna klasik seperti coklat dan hitam.

Untuk casual dan fashion belt, sebaiknya kita mencari bahan yang lebih murah dan bervariasi seperti bahan canvas dan suede. Selain kesan fashionnya yang lebih baik, tentu saja bahan canvas dan suede memiliki banyak variasi warna seperti warna khaki, grey, navy, green, army dan banyak warna lainnya. Banyaknya variasi membantu kamu untuk mudah disesuaikan dengan outfit kamu. Harga bahan ini juga cenderung lebih murah sehingga lebih pocket friendly agar kamu bisa punya beberapa alternatif untuk bergaya.

Urban State Suede Belt

Sedangkan dari sisi ukuran lebar belt, sebaiknya kamu fokus pada 2 ukuran. Yaitu untuk acara formal dan work related, sebaiknya kamu mencari belt dengan ukuran 2,5 cm sampai dengan 3,5 cm. Lebar ikat pinggang ini sangat ideal untuk menunjang outfit formal kamu. Namun untuk acara santai dan fashion, baiknya kamu memilih yang lebih kecil yaitu sekitar 1,5 sampai dengan 2,2 cm. Lebar ini cocok untuk dipadukan dengan jeans, chinos hingga celana kargo untuk dapat mencapai kesan fashion yang diinginkan.


Jangan Paksakan Jika Tidak Sesuai

Terakhir setelah kamu mengetahui beberapa tips di atas maka tentu saja saatnya kamu memilih. Jika kamu udah sreg dengan satu pilihan, pastikan kembali sizenya cocok dengan kamu. Belt yang nyaman bisa dipakai cukup lama apalagi jika menggunakan bahan yang durable. Seringkali bahkan belt bisa dipakai hingga beberapa tahun.

Sehingga jika pilihan kamu tidak memiliki size yang kamu inginkan, maka jangan paksakan untuk membelinya. Apalagi jika kamu membeli belt untuk kerja dan akan kamu pakai setiap hari. Kalau tidak nyaman tentu saja nanti kamu yang pusing guys.

Khususnya untuk produk belt Urban State, kamu tidak perlu khawatir. Selain menggunakan top tier leather seperti full grain leather dan top grain leather, belt buckle kami terbuat dari Stainless Steel. Sehingga artinya sabuknya tahan lama, mudah dirawat, dan kepala belt nya tidak akan berkarat dan mengelupas.


Urban State Belts


Jika size yang kami siapkan tidak cocok dengan kamu pun tidak perlu khawatir. Kami menyediakan layanan pemotongan belt dan penambahan lubang belt. Kamu tinggal hubungi customer service kami di sini dan beritahukan keinginan kamu. Nanti kemudian akan kami jawab dengan rekomendasi dari kami apakah sebaiknya dipotong atau ditambahkan lubang saja. Karena karakteristik dan model setiap belt berbeda sehingga tidak semuanya bisa diperlakukan dengan sama. Tentu saja kamu tidak ingin belt kamu melingkar sampai satu setengah puteran pinggang kamu kan guys. Jadi jangan ragu untuk menghubungi kami dan pastikan kamu mendapatkan ikat pinggang yang pantas dan nyaman untuk kamu.

 

 


Older Post


0 comments


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published